PEMERINTAH DESA LEMAHBANG GELAR MUSRENBANG DESA PENYUSUNAN RKPD KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2024

  • Jan 29, 2023
  • Webadmin Desa Lemahbang, Kismantoro, Wonogiri
  • BERITA

Kamis, 26 Januari 2023 Pemerintah Desa Lemahbang Menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa ) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Wonogiri Tahun 2024. Kegiatan Musrenbang ini merujuk pada Surat Camat Kismantoro Nomor 050/033 tertaggal 16 Januari 2023 yaitu terkait dengan Jadwal Musrenbang Desa.

Tujunan daripada kegiatan Musrenbang ini adalah merumuskan Kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dibawa ke Musrenbang Kecamatan untuk menjadi prioritas kegiatan yang akan dibiayayi oleh APBD Kabupaten. Musrenbang sebagai salah satu bagian yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan, Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah.

Adapun Tema Musrenbang Desa dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2024 kali ini mengusung tema “ Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat di dukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah”

Kegiatan Musrenbang Desa Lemahbang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Lemahbang, Sugito,S.Sos, dan dihadiri juga Oleh:

  1. Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Dapil III, Ibu Indah Retnowati, SE
  2. Bapak Camat, Bp. Sekcam Kismantoro dan jajaran Kasi Kecamatan Kismantoro,
  3. Danramil Kismantoro
  4. Perwakilan dari Polsek Kismantoro
  5. Perwakilan dari UPT Puskesmas Kismantoro ,
  6. Koordinator PLKB Kismantoro
  7. Koordinator BPP Kismantoro
  8. Kepala Sekolah yang ada diwilayah Desa Lemahbang
  9. Pendaping Desa
  10. Ketua BPD dan Anggota BPD,
  11. Seluruh Perangkat Desa,
  12. Ketua dan Anggota TP PKK Desa Lemahbang,
  13. Lembaga Desa lainnya ( LPM, Karang Taruna, RT dan RW )
  14. Bidan Desa,
  15. Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
  16. Kader Posyandu,
  17. Perwakilan Difabel
  18. Perwakilan UMKM,
  19. Tokoh Masyarakat
  20. Tokoh Agama  dan
  21. Adik-adik KKN dari UGM

 

Adaun Hasil dari pelaksanaan Musrenbang di Desa Lemahbang  diantaranya menyepakati permasalahan pembangunan di wilayah Desa Lemahbang dan menuangkannya ke dalam Berita Acara Hasil Musrenbang Desa. Permasalahan prioritas tersebut terdiri dari bidang infrastruktur, bidang ekonomi , Olah raga, Bidang pendidikan, bidang Pertanian, dan bidang sosial budaya.

Dengan Pelaksanaan Musrenbangdesa  RKP Daerah Tingkat Desa diharapkan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan dapat berjalan secara optimal, mencapai tujuan pembangunan dengan baik dan terukur serta keberhasilan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan kebijakan masa depan.