SATGAS PPKM MIKRO DESA LEMAHBANG MELAKUKAN PEMANTAUAN TERHADAP PEMUDIK

Satgas PPKM Siap Siaga di Posko PPKM

lemahbang.desa.id-Pemerintah desa bersama-sama dengan Satgas Posko PPKM Mikro Desa Lemahbang melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kedatangan pemudik, Pembagian masker dan Sosialisasi pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan di Depan Posko PPKM Mikro, sabtu 8/5/2021.

Satgas PPKM Desa Lemahbang Melakukan Pemantauan dan Himbauan untuk mematuhi aturan yang berlaku terhadap Pemudik

Selama bulan Ramadhan sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 kedatangan penduduk dari perantaun semakin meningkat, apalagi 10 hari menjelang Idul Fitri setiap hari hampir 15-20 Pemudik datang di kampong halaman sebagaimana Laporan dari Satgas PPKM tingkat RT. Maka dari itu untuk mengantisipasi dan mendeteksi lebih dini Penyebaran Virus Covid-19, maka Satgas PPKM Mikro Desa Lemahbang melakukan Pemantauan dan himbauan terhadap para pemudik.

Satgas PPKM Desa Lemahbang Melakukan Himbauan Kepada para Pengendara Jalan untuk Selaluhi Mematuhi Prokes 5 M.

Ketua Satgas PPKM Mikro yang sekaligus Kepala Desa Lemahbang menjelaskan tujuan diadakannya Pemantaun terhadap pemudik adalah untuk mendeteksi adanya Virus yang dibawa oleh para Pemudik dari Zona Merah “Misalnya saja, ketika ada pemudik yang baru tiba lalu menunjukkan gejala maka Satgas Posko PPKM segera melakukan koordinasi dengan Pihak Puskesmas dan menghimbau kepada yang bersangkutan untuk periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan. Terutama bagi yang bergejala panas di atas 37,5 derajat Celcius, batuk dan flu. Saya harapkan untuk memeriksakan diri untuk mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak,” jelasnya.

Pembagian Masker kepada Pengendara Jalan.

Apabila ada pemudik yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan segera dilakukan koordinasi dengan puskesmas. Nantinya akan ditentukan langka-langkah selanjutnya terkait untuk penanganannya. Mengingat Posko PPKM Mikro juga memiliki tempat isolasi mandiri. “Jangan sampai menunggu kondisinya parah. Begitu panas di atas 37,5 derajat Celcius saja lebih baik memeriksakan diri,” jelasnya Sugito selaku Sekretaris POSKO PPKM Mikro Desa Lemahbang.

Ia juga menghimbau, kepada pemudik untuk melaporkan ke RT setempat sebagai bagian dari pendataan. Begitu juga Satgas PPKM Mikro Tingkat RT untuk aktif melakukan pengawasan terhadap pemudik yang tiba. Hal itu dilakukan guna memutus potensi mata rantai penyebaran Covid-19 di Wilayah Desa Lemahbang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan