PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ANEKA MACAM KUE

Photo Bersama mengawali Pembukaan Pelatihan Pembuatan Aneka Macam Kue Oleh Kepala Desa Lemahbang

LEMAHBANG (lemahbang.desa.id) – Pemerintah Desa Lemahbang menggelar Pelatihan Pembuatan Aneka Macam Kue, kegiatan ini ssebagai upaya program peningkatan pemberdayaan masyarakat khusunya kaum perempuan. Pemerintah Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro menggelar pelatihan pembuatan aneka kue di Balai Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro. Pelatihan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang semuanya dari unsur perempuan. Sasaran dari program Kegiatan Pelatihan ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang tidak dengan harapan kedepan dapat dikembangkan yang nantinya menambah penghasilan keluarga.

Nara Sumber Pelatihan Ibu. Desi Hapsari saat Memberi Motivasi kepada Peserta

Kegiatan Pelatihan direncanakan akan dilaksanakan selama 3(tiga) hari yaitu mulai Hari Selasa s/d Kamis, 24-26 Desember 2019 yang sumber anggarannya dari Dana Desa Tahun 2019. Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Desa Lemahbang, Sugito,S.Sos. Dalam Sambutannya beliau Berpesan agar Semua peserta dapat mengikuti Kegiatan Pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. “ Dalam Pelatihan ini saya harap Semua Peserta dapat mengikuti dari awal hingga akhir dengan niat Iklhas dan bersungguh-sungguh, dengan harapan apa yang telah peserta pelajari, praktekkan dapat diingat2 dan nantinya setelah pelatihan bisa mempraktekkan sendiri. Saya berharap setelah ini dibentuk kelompok dan Peralatan yang telah Desa Sediakan dapat dimanfaatkan. Untuk modal awal jangan khawatir, nanti Desa akan menyediakan modal usaha awal. “ ungkap beliau Kepala Desa Lemahbang.

Dalam Kesempatan yang sama Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro  Yusida Ekawati, yang dalam hal Ini beliau juga Ketua TP-PKK Kelurahan Gesing yang juga memiliki kelompok usaha Home Industri, sangat berharap kegiatan ini jangan sebatas berhenti pelatihan dan pembentukan kelompok, tapi harus ada tindak lanjut, yaitu pertemuan rutin kelompok dan implementasi hasil pelatihan. Dengan adanya pertemuan kelompok secara rutin nantinya akan mempermudah untuk melakukan promosi.

Sebelum memandu pelaksanaan Pelatihan, Ibu. Desi Hapsari selaku Nara Sumber Pelatihan Pembuatan aneka macam kue memberikan motivasi kepada Peserta Pelatihan, beliau mengatakan bahwa dalam pembuatan Roti seberanya mudah, jika dilakukan dengan Sabar dan iklhas. Baliau berharap saat mengikuti Pelatihan Peserta harus semangat, tidak ada beban masalah pikiran dan dilakukan dengan tersenyum agar hasilnya nanti juga akan bagus.

Peserta Pelatihan Melakukan Praktek Pembuatan Bolu gulung

Sekretaris Desa Lemahbang Sugito,S.Sos, selaku pelaksanan Kegiatan mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para ibu-ibu bisa lebih mandiri dengan berwirausaha membuat aneka macam kue.“Kagiatan Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal ketrampilan dalam hal pembuatan kue basah dan kering kepada ibu-ibu rumah tangga, Sehingga out putnya juga bisa mengurangi angka kemiskinan di Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro,” katanya.

Aneka Rasa Donat dan Bolu Gulung Kukus Hasil Pelatihan Hari Pertama
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan