Momen Pas Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bulan April

Polsek Kismantoro melakukan Monotoring Penyaluran BPNT di e-Warong Ngudi Mulyo

lemahbang.desa.id–Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Desa Lemahbangg bulan April mengalami keterlambatan, hal ini dikarenakan Droping Beras dan Telur dari Supliyer juga terlambat hingga awal Mei. BPNT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) / warga miskin pada  setiap bulannya melalui e-Warong yang telah ditunjuk oleh Dinsos. Sesuai dengan Petunjuk dari Dinsos bahwa Pelaksanaan penyaluran BPNT ini harus sesuai dengan aspek 6T: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Waktu, Tepat Kualitas, dan Tepat Administrasi.

KPM Mengantri di e-Warung Ngudi Mulyo

Penyaluran BPNT bulan April di Desa Lemahbang dilaksanakan 1 hari yaitu pada Hari Sabtu 4 Mei 2019 dengan jadwal per dusun sesuai yang telah ditentukan oleh pengurus e-Warong dengan tujuan tidak terjadi penumpukan antrian. Meskipun terjadi keterlambatan penyaluran BPNT ini masyarakat merasa senang dikarenakan datangnya BPNT Bulan April pada momen yang tepat karena Pas sehari sebelum Megenagan ( awal puasa ). “Niki ngleresi sanget, mbenjeng badhe megengan pas Berase mandap, dados saget kangge kondangan megengan ( ini kebetulan sekali besok kebetulan akan Megengan (tradisi menyambut bulan Romadhon ) kebetulan Berasnya turun, sehingga dapat buat Kondangan Megengan).” Ujar salah seorang penerima Bantuan

“Pencairan ini dilaksanakan dengan segera, agar cepat selesai dan dapat dimanfaatkan oleh KPM karena kebetulan Besok sudah Megenagan ( tradisi menyambut Romadhon ), biasanya dari distributor beras dan telur datang kisaran tanggal 25/26 tapi untuk bulan April ini agak molor hingga tanggal 2 Mei beras datang dan tanggal 3 Mei telur baru datang, sehingga kami pengurus e-Warung malam hari berusaha lembur pengepakan telur agar besok pagi bisa kami salurkan ke KPM. Kebetulan di Desa Kami terdapat lumayan banyan KPM, sehingga kami jam 01.00 WIB baru selesai Pengepakan telur.” Ujar Riza Putri selaku Koordinator e-Warong.

Petugas e-Warong diDampingi TKSK Lembur Pengepakan telur BPNT

Dilokasi Penyaluran BPNT terlihat Sekdes Lemahbang Sugito, S.Sos yang memantau Penyaluran BPNT di e-Warong Ngudi Mulyo. Menurut beliau kualitas beras yang diterima KPM ini bagus, Setiap KPM berdasarkan nominal bantuan yang diterima yaitu senilai Rp 110.000,-, mendapatkan 1 paket beras medium sejumlah 8 Kg dan 1 paket telur yang berjumlah 16 Butir. Paket beras dan telur tersebut bisa diambil warga setelah menyelesaikan proses penggesekan Kartu KKS BNI dengan mesin EDC yang dimiliki E-Warong, kemudian diserahkan bukti struk pengambilan sebagai bukti.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan