PENYEGARAN DAN PELATIHAN FPRB LEMAHBANG TANGGUH

BPBD Kabupaten dan FPRB Lemahbang Tangguh

Lemahbang.desa.id_Sabtu(03/11/2018) FPRB Desa LemahbangTangguh menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Upaya Pengurangan Resiko Bencana untuk  masyarakat.  Kegiatan ini diselenggarakan bersama dengan TPID Kecamatan Kismantoro.  Pelatihan diikuti 60 peserta yang merupakan anggota FPRB Desa Lemahbang Tangguh,  unsur karang taruna,  pamong desa dan PKK.  Kegiatan pelatihan dilaksanakan di pendopo Balai Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, S.Sos,. MM. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi terhadap langkah pemerintah Desa Lemahbang yang sudah memfasilitasi FPRB Desa Lemahbang untuk mengadakan Pelatihan. Beliau juga berharap FPRB ini nantinya benar-benar dapat bekerja untuk sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya, beliau tidak ingin FPRB ini hanyalah seremonial saja. FPRB Di Desa Lemahbang nantinya dapat bermanfaat tidak hanya untuk masyarakat Desa Lemahbang, namun jika nanti dibutuhkan desa tetangga diharapkan juga siap. Acara Penyegaran dan Pelatihan Tanggap Bencana ini dibuka Langsung Oleh Bapak Camat Kismantoro.

Kepala Desa Lemahbang, Sugito, S.Sos dalam sambutannya menyampaiakan bahwa kinerja dari pada FPRB yang baru dibentuk Tahun 2017 sudah cukup bagus, kepedulian terhadap sesama sudah ditunjukkan sebagai pengabdian kemanusiaan, terlihat setelah dibentuk FPRB dan pada akhir Tahun aada saudara terkena musibah, mereka begitu mendengar kabar adanya musibah langsung terjun membantu mengevakuasi bahkan sampai membangun rumah kembali. Beliau juga menyampaikan kegiatan ini di Rancang bersama antara Pemerintah Desa,  FPRB Lemahbang Tangguh dan juga TPID Kecamatan Kismantoro, diharapakan dari ketiga elemen ini bisa bersinergi dalam rangka kemanusiaan.

Simulasi Penangan Korban Bencana

Hadir dalam Kegiatan Pelatihan ini dari BPBD Kabupaten Wonogiri, dalam sambutannya Aisyah Ekasari, M.Sc sebagai koordinator Tim yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini menyampaikan teerkait makna lambang BPBD, disitu ada gambar segitiga biru yang maknanya bahwa tugas kemanusiaan ini merupakan tanggungjawab tiga pilar, Pemerintah, Relawan dan Korban. Warna logo orange merupakan simbul / warna kemanusiaan dunia. Dalam kegiatan pada hari ini kita fokus pada praktek Peertolongan Pertama. Dari narasumber lain yang ikut berperan dalam kegiatan ini adalah Ketua FPRB Desa Pucung, Triyanto, ST. sugito

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan