DESA LEMAHBANG SIAP GELAR PENGISIAN BPD PERIODE 2019-2025

Musyawarah Desa Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pengisian BPD

Lemahbang.desa.id_Kamis, 18 Oktober 2018 Pemerintah Desa Lemahbang menggelar Musyawarah Dusun di Dusun Sambeng Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro. Musdus ini merupakan salah satu tahapan dalam penjaringan Anggota BPD keterwakilan wilayah.

Musdus Dusun Janggle

Sebelum diadaka Musdus dari Pemerintah Desa Lemahbang pada Hari Senin, 15 Oktober 2018 terlebih dahulu menggelar Musyawarah Desa untuk Pembentukan Panitia Pengisian Keanggotan BPD Periode 2019 – 2025 Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri. Dari hasil Musyawarah Desa disepakati Bp. Sunyoto sebagai Ketua Panitia dan 8 orang lainnya dimanah 2 orang diantaranya adalah dari unsur Perangkat Desa dan 6 orang dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, unsur pemuda dan juga unsur perempuan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa untuk menetukan jumlah Panitia Pengisian Keanggotaan BPD berdasarkan kebutuhan anggota BPD yang akan dibentuk. Dan sesuai dengan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 47 Tahun 2018 sebagai petunjuk pelaksana Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 8 Tahun 2018, disitu disebutkan untuk menentukan Jumlah anggota BPD berdasarkan Jumlah Penduduk dan Juga Kemampuan Keuangan Desa ( APB Desa ).

Musdus Dusun Sambeng

Sesuai dengan ketentuan Perbub tersebut bahwasannya jumlah Penduduk di Desa Lemahbang lebih dari 3.500 jiwa dan APB Desa Tahun 2018 adalah kurang dari 1,5 Milyard maka jumlah Anggota BPD yang akan ditetapkan sejumlah 7 ( tujuh ) orang. Sehingga jumlah Panitia yang ditetapkan oleh kepala Desa sejumlah 9 orang.

Setelah ditetapkan oleh Kepala Desa Lemahbang Panitia Pengisian Keanggotaan BPD bertindak cepat mengingat masih banyak tahapan yang akan dilalui, secara bergiliran dari panitia menentukan jadwal kegiatan musdus, dan Musdus di Dusun Sambeng ini adalah musdus terakhir dari keempat dusun yang ada di Desa Lemahbang. Dari musdus diharapkan akan memunculkan kerterwakilan dari wilayah untuk menduduki posisi anggota BPD Periode 2019-2025. Sehingga dari masing-masing dusun terdapat keterwakilannya. (sugito)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan