MUSRENBANG DESA YANG PARTISIPATIF

Penyampaian Program Kerja Pemerintah Desa

lemahbang.desa.id_Dalam Rangka mewujudkan Pemerintahan Desa yang Trasnparan dan Akuntabiltas perlu adanya perencanaan yang bersifat partisipatif, maka dari itu Pemerintah Desa Lemahbang pada Hari ini Rabu, 26 September 2018 menyelenggarakan Musrenbang Desa dalam Rangka Penyusunan Draf RPJM Desa Tahun 2019-2025. Musrenbang Desa  adalah forum perencanaan ( program ) yang dilaksanakan oleh lembaga publik dalam hal ini yaitu Pemerintah Desa Lemahbang, bekerjasama dengan warga masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya.

Forum MUSRENBANG Desa

Untuk mewujudkan perencanaan yang partisipatif, dari Pemerintah Desa Lemahbang sebelum Mengadakan Musrebang Desa terlebih dahulu mengadakan MUSDUS di tingkat Dusun dengan harapan keterwakilan masyarakat dalam menyampaikan Aspirasi dapat Maksimal. Sehingga dapat menghilangkan persepsi/pemahaman masyarakat yang menganggap bahwa pembangunan itu berasal dari kebijakan pemangku kepentingan tanpa memandang segi kebutuhan masyarakat. Musrenbang yang bermakna akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa yaitu dengan cara memotret potensi dan sumber pembangunan yang tersedia baik dalam maupun luar desa dan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

FGD Kelompok Pemuda

Hadir dalam musrenbangdes ini dari Unsur FORKOMPIMCAM yaitu Bapak Camat Kismantoro, Bapak Djoko Purwidyatmo, S.Sos.,MM, dalam sambutannya beliau menyampaikan akan peran masyarakat dalam perencanaan pemabnguna n sangat dibutuhkan, sehingga perencanaan nanti benar-benar dapat menyasar sesuai kebutuhan masyarakat bukan lagi kepentingan  pengambil kebijakan. Namun demikian Partisipasi dan Dukungan Masyarakatpun sangat dibutuhkan, swadya dan kegotongroyongan masyarakat sangat diharapkan demi tercapainya perencanaan yang partisipatif tersebut. Tegas beli Bapak Camat Kismantoro.

Beliau juga menghimbu kepada pemerintah Desa dan juga Pelaksana Kegiatan untuk selalu berhati-hati dan transparan dalam

FGD Kelompok Perempuan dan Disabilitas

pelaksanaan Anggaran. Dari Polsek Kismantoro yang dalam hal ini diwakili oleh IPDA Budiyanto menegaskan bahwa Koordinasi dan Komunikasi anatara pemerintah Desa dengan masyarakat dapat lebih ditingkatkan sehingga dapat meminimalisir permasalahan, beliau juga berpesean sebisa mungkin permasalahan yang muncul dapat diselesaikan titingkat bawah secara kekeluargaan, dan jangan mencuat keatas.

Dalam sambutannya Kepala Desa Lemahbang Bapak Sugoto, S.Sos menyampaikan terkait masa kerjanya yang berakhir Pada pertengahan Bulan Januari 2019, maka beliau sekaligus berpamitan kepada forum Musrenbang Desa dan Mohon Do’a Restu apa bila masyarakat masih menghendaki akan ikut maju dalam Pilkades 2019, dan akan melanjutkan programnya yang belum selesai sampai saat ini.

FGD Kelompok Pelaku Ekonomi

Beliau juga berpesan ditahun Politik ini masyarakat untuk selalu menjaga kekompakan dan kekeluargaannya yang sampai saat ini terjalin harmonis. Siapapun pilihannya jangan sampai timbul keretaan kekeluargaan didalam lingkungan masyarakat.

Disesi akhir sekretaris Desa Lemahbang Sugito S.Sos yang juga selaku Ketua Tim 11 menyampaikan hasil Diskusi dalam FGD, dalam FGD dibagi dalam 4 Forum FGD yaitu Kelompok Perempuan dan Disabilitas, Kelompok Pemuda dan Olahraga, Kelompok Petani dan Kelompok Pelaku Usaha Kecil Menengah. Dengan adanya Forum ini diharapkan Usualan dapat merata dan menjangkau seluruh Elemen Masyarakat. (sugito )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan