PELATIHAN MEMBUAT KUE CAPIT SINGKONG DAN STELLA

LEMAHBANG.DESA.ID_Hari ini Selasa, 25 September 2018, Ibu – ibu masyarakat Desa lemahbang yang diseponsori oleh TP-PKK Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri terdorong ingin meningkatkan keterampilan dan perekonomian melalui pelatihan pembuatan Kue dengan bahan dasar singkong. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh kader dasawisma, tokoh perempuan dari Dusun Janggle, Lemahbang, sambeng dan setren.

Kue Capit Singkong

Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Lemahbang yang dipandu Langsung oleh Ibu Sugito Ngainin selaku ketua TP-PKK Desa Lemahbang. Selain itu dari Pemerintah Desa nampak hadir Sekretaris Desa Lemahbang Bp. SUGITO, S.Sos, beliau berharap kegiatan ini dapat dikembangkan dan berkelanjutan. “Pelatihan ini haruslah dapat terus dikembangkan dan berkelanjutan, sehingga nanti tidak hanya membuat kue dari bahan dasar singkong namun demikian dari bahan-bahan lain yang dapat dipergunakan dan harapan nanti jikalau ada warga yang punya hajatan dari para ibu-ibu ini bisa memenuhi / melayani membuat kuenya” kata Bp. SUGITO,S.Sos  disela-sela mencicipi Kue hasil buatan dari ibu-ibu. Tujuan dari kegiatan ini agar peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama pelatihan dan bisa mandiri, salah satunya membuat usaha kue kering  di rumah yang nantinya bisa menambah nilai ekonomi dan pendapatan keluarga.

Kue Stella

Adapun Tenaga Pengajar atau instruktur  dalam pelatihan ini adalah Teman-Teman KKN dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Dan ide untuk mengadakan pelatihan inipun adalah juga dari Teman – teman KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Bermula dari hasil uji coba dari teman-teman KKN yang disajikan disaat mengikuti kegiatan MUSDUS di Dusun Janggle. Dan beliau Bapak kepala Desa merasa berkenan dengan rasa dan aroma Kue yang disajikan oleh Teman-teman KKN sehingga muncul gagasan dari teman-teman KKN mohonn ijin kepada Bapak Kepala Desa Lemahbang dan ternyata gagasan dari teman-teman KKN disambut baik oleh Bapak Kepala Desa Lemahbang.

Proses Pembuatan Kue

Selama kegiatan berlangsun para peserta dengan seksama dan antusias mengikuti instruksi paratenaga pengajar dan lansung mempraktekannya. Praktek pembuatan kue berlangsung sekitar lima jam lamanya. “Kegiatan ini memang sangat diharapkan” kata peserta pelatihan. Peserta palatihan sangat senang karena memperoleh masukan dan tambahan ilmu untuk lebih meningkatkan ketrampilannya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan