PENGUKUHAN PAGUYUBAN PENCAK SILAT SE KECAMATAN KISMANTORO

Lemahbang.com – Paguyuban lintas perguruan pencak silat se-kecamatan Kismantoro resmi dikukuhkan di Pendapa Kecamatan Kismantoro, Rabu (/5).  Paguyuban ini beranggotakan 8 perguruan pencak silat yang ada di Kismantoro. Yakni PSH Teratai, PSH Winongo, Merpati Putih,  IKSPI Kera Sakti, Tapak Suci, Kera Putih, Ju-Jitsu, dan Pagar Nusa.

Kepala Desa Lemahbang, Sugito yang ikut menyaksikan pengukuhan ini, kepada Lemahbang.com mengatakan bahwa paguyuban ini dibentuk untuk menyatukan perguruan-perguruan pencak silat yang ada di Kismantoro. Sehingga, diharapkan dengan adanya paguyuban ini, konflik antar perguruan silat yang mengatasnamakan perguruan bisa diminalisir atau dicegah.

Silaturahmi dan Pengukuhan Paguyuban Pencak Silat se Kec. Kismantoro

“Dengan diresmikan paguyuban pencak silat, nantinya dapat menjadi wadah pemersatu bangsa. Sebab, di dalamnya juga terkandung nilai sosial kemasyarakatan, spiritual, dan menjaga ketentraman dan keamanan di masyarakat,” katanya.

“Sebagai warisan seni dan budaya leluhur, pencak silat tumbuh pesat sejak zaman perintis kemerdekaan. Pencak silat menjadi barometer untuk melawan penjajah,” lanjut Sugito.

Sementara Anggota Paguyuban, dan merupakan salah satu pengurus Merpati Putih Iwan Guntoro mengatakan, pengukuhan ini merupakan momentum untuk membuat perguruan pencak silat lebih guyub dan rukun.

“Tidak perlu konflik personal antar organisasi. Paguyuban harus berperan aktif untuk meredam konflik, agar permasalahan tidak melebar ke ranah masyarakat umum. Kami akan melakukan hal yang terbaik untuk menjalankan roda paguyuban ini, seperti apa yang telah diamanatkan dalam pengukuhan,” katanya

Bapak Kapolsek Kismantoro kepada seluruh pendekar yang ada di Kismantoro untuk turut serta aktif dalam menciptakan rasa aman dan tentram, serta dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Beliau berharap kedepan agar diadakan  pertemuan rutin ( arisan ) sebagai ajang silaturahmi paguyuban.

“Ke depan paguyuban dapat menjaring atlet atlet junior pencak silat di Singgahan untuk turut serta dalam kejuaraan pencak silat yang diadakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wonogiri, atau Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sebagai induk cabang olahraga pencak silat,” pungkasnya. (sugito)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan